Perbandingan Target Kinerja Tahun(berjalan) dengan Target Akhir RPJMD
Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang
Periode 2018-2022
Tahun 2018

No Tujuan / Indikator Tujuan / Sasaran / Indikator Sasaran Capaian/Kondisi 2017 2018 Target Akhir RPJMD 2022 Capaian 2018 terhadap 2022 (AKHIR RPJMD)(%)
Target Realisasi % Realisasi
1 Menguatkan tata kelola OPD dalam menciptakan kehidupan yang harmonis
1.1 Meningkatnya kualitas pelayanan publik
1.1.1 Indeks kepuasan masyarakat 73 0 85.00
Faktor Penghambat :
Faktor Pendorong :
Strategi untuk mewujudkan indikator tahun 2019 : meningkatkan pelayanan publik dengan meningkatkan kinerja dalam urusan pelayanan publik
1.2 Meningkatnya akuntabilitas kinerja dan keuangan daerah
1.2.1 Predikat (nilai) LAKIP 60 0 85.00
Faktor Penghambat :
Faktor Pendorong :
Strategi untuk mewujudkan indikator tahun 2019 : Meningkatkan kinerja OPD melalui pengendalian perencanaan dan penataausahaan laporan keuangan dan aset
1.2.2 (%) hasil temuan pemeriksaan BPK yang ditindak lanjuti 80 0 100.00
Faktor Penghambat :
Faktor Pendorong :
Strategi untuk mewujudkan indikator tahun 2019 : meningkatkan penatausahaan laporan keuangan dan aset
2 Mewujudkan rasa aman masyarakat terhadap bencana banjir dan longsor
2.1 Terwujudnya rasa aman masyarakat terhadap bencana banjir dan longsor
2.1.1 Persentase tertangani kawasan rawan bencana 57 0 61.00
Faktor Penghambat :
Faktor Pendorong :
Strategi untuk mewujudkan indikator tahun 2019 : meningkatkan penanganan kawasan rawan bencana melalui pembangunan turap/talud/bronjong.
3 Meningkatkan cakupan layanan air minum dan pelayanan pengelolaan Air Limbah, Sanitasi serta persampahan dalam mendukung kualitas kesehatan masyarakat
3.1 Meningkatnya cakupan layanan air minum
3.1.1 persentase penduduk yang mendapatkan akses air minum yang aman 82.68 0 84.48
Faktor Penghambat :
Faktor Pendorong :
Strategi untuk mewujudkan indikator tahun 2019 : meningkatkan cakupan pelayan air minum melalui pembangunan, peningkatan serta pemeliharaan sarana prasarana air bersih.
3.2 Meningkatnya pelayanan pengelolaan Air Limbah
3.2.1 persentase penduduk yang terlayani sistem air limbah yang memadai 42 0 46.00
Faktor Penghambat :
Faktor Pendorong :
Strategi untuk mewujudkan indikator tahun 2019 : meningkatkan layanan sistem pengelolaan air limbah melalui pembangunan, peningkatan serta pemeliharaan sarana prasarana air limbah
3.3 Meningkatnya cakupan layanan Sanitasi
3.3.1 Persentase Panjang Drainase dengan kondisi baik (%) 77.38 0 79.92
Faktor Penghambat :
Faktor Pendorong :
Strategi untuk mewujudkan indikator tahun 2019 : meningkatkan sistem drainase perkotaan melalui pembangunan dan rehabilitasi drainase
3.4 Meningkatnya pelayanan pembersihan sampah saluran
3.4.1 Persentase Drainase dalam kondisi baik/ pembuangan aliran air tidak tersumbat 77.38 0 79.92
Faktor Penghambat :
Faktor Pendorong :
Strategi untuk mewujudkan indikator tahun 2019 : meningkatkan kinerja penyediaan jasa pembersihan saluran.
4 Meningkatkan kualitas kinerja bidang usaha jasa konstruksi
4.1 Meningkatnya kualitas kinerja bidang usaha jasa konstruksi
4.1.1 Persentase tersedianya 7 (tujuh) layanan informasi jasa konstruksi Tingkat Kabupaten /Kota pada Sistem Informasi Pembina Jasa Konstruksi (SIPJAKI) 85 0 100.00
Faktor Penghambat :
Faktor Pendorong :
Strategi untuk mewujudkan indikator tahun 2019 : meningkatkan layanan izin usaha jasa konstruksi (IUJK) dan mensosialisasikan persyaratan yang diperlukan untuk pengurusan IUJK
4.1.2 Persentase tersedianya layanan Izin Usaha Jasa Konstruksi (IUJK) dengan Waktu Penerbitan Paling Lama 10 (sepuluh) Hari Kerja setelah Persyaratan Lengkap 85 0 100.00
Faktor Penghambat :
Faktor Pendorong :
Strategi untuk mewujudkan indikator tahun 2019 : meningkatkan layanan Izin Usaha Jasa Konstruksi (IUJK)
5 Meningkatkan infrastruktur pendukung perekonomian masyarakat
5.1 Meningkatnya infrastruktur jalan dan jembatan
5.1.1 persentase tingkat kondisi jalan kota baik dan sedang (%) 88.15 0 89.10
Faktor Penghambat :
Faktor Pendorong :
Strategi untuk mewujudkan indikator tahun 2019 : meningkatkan infrastruktur jalan dan jembatan melalui pembangunan, peningkatan dan pemeliharaan jalan dan jembatan
5.2 Meningkatnya Sarana dan Prasarana Umum
5.2.1 Persentase jumlah titik Penerangan Jalan Umum (PJU) yang berfungsi dengan baik (%) 81 0 85.00
Faktor Penghambat :
Faktor Pendorong :
Strategi untuk mewujudkan indikator tahun 2019 : meningkatkan layanan penerangan jalan umum (PJU) melalui pembangunan, peningkatan, serta pemeliharaan penerangan jalan umum (PJU).
5.2.2 Persentase panjang pedestrian kondisi baik (%) 75.03 0 80.61
Faktor Penghambat :
Faktor Pendorong :
Strategi untuk mewujudkan indikator tahun 2019 : meningkatkan layanan sarana prasarana umum melalui pembangunan dan rehabilitasi Pedestrian.
6 Mewujudkan perilaku masyarakat yang sadar melalui pengetahuan tentang pentingnya perencanaan dan pemanfaatan tata ruang
6.1 terwujudnya kesadaran masyarakat melalui pengetahuan tentang pentingnya pengelolaan tata ruang
6.1.1 Persentase Ketaatan kepada RTRW 75 0 91.00
Faktor Penghambat :
Faktor Pendorong :
Strategi untuk mewujudkan indikator tahun 2019 : memaksimalkan sosialisasi tentang pengelolaan tata ruang
6.1.2 Persentase Jumlah Bangunan baru TANPA IMB 19 0 200.00 15.00 200.00
Faktor Penghambat :
Faktor Pendorong :
Strategi untuk mewujudkan indikator tahun 2019 :

Keterangan Warna

Warna Prosentase Keterangan
0 s/d 50 Sangat Rendah
50.1 s/d 65 Rendah
65.1 s/d 75 Sedang
75.1 s/d 90 Tinggi
90.1 lebih Sangat Tinggi

(sumber : Permendagri 54 / 2010)